Protomulyo - Wisata Religi Bukit Jabal, Protomulyo, Kaliwungu Kendal

Wisata Religi Bukit Jabal, Protomulyo, Kaliwungu Kendal

 

Kendal - Kabupaten Kendal memiliki wilayah yang disebut dengan kota santri yang berada di wilayah Kecamatan Kaliwungu, daerah tersebut kental dengan nuansa Islami lantaran banyak berdiri pondok pesantren, termasuk terdapat makam para ulama.

Disebutnya kota santri membuat Kaliwungu menjadi destinasi wisata religi, beberapa tempat yang kerap dihampiri diantaranya Masjid Agung Kendal, Makam Waliku termasuk Makam K.H. Asy’ari (Kyai Guru), Sunan Katong, Kyai Mustofa, dan Wali Sya'fak.

Makam KH Asy’ari berada di desa Protomulyo dan berada di daerah atas atau sering disebut bukit jabal. Makam tersebut biasanya ramai dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai daerah.

KH Asy’ari sendiri memiliki sejarah kental dengan Kaliwungu yaitu sebagai penyebar agama islam di jalur Pantura khususnya Kendal. Kyai Guru sendiri merupakan ulama besar pada tahun 1780-an.

Melihat besarnya antusias masyarakat yang cukup besar untuk berkunjung terutama berziarah ke makam para ulama di Protomulyo, Kaliwungu, Pemerintah Daerah sendiri memberikan perhatiannya kepada lokasi tersebut.

Adapun selama peziarah mendatangi makam Kyai Guru, Sunan Katong, dan lainnya, nantinya peziarah dapat melihat suasana kota Kaliwungu dari Bukit Jabal.

 


Dipost : 11 Agustus 2023 | Dilihat : 639

Share :

s